twitter


Kembali datang setelah sekian lama, mungkin ini yang Anda tunggu, seri terbaru dari ERefill dengan berbagai perbaikan dan pengembangan. Sebenarnya tidak mudah dalam menghadirkan seri ini, perlu kehati-hatian dalam pembuatannya, karena untuk versi 3 ini diibaratkan kita mencabut perkabelan dalam sebuah mesin dan menggantinya dengan kabel baru yang lebih rapi. Jika diibaratkan lagi, ERefill 2011 ini juga merapikan, memotong kabel-kabel yang tidak berguna atau kabel yang saling silang gak berurutan, bayangkan saja Anda membongkar perkabelan mobil Anda dan mengurutkannya satu persatu, mudah bukan?


Sebenarnya pembuatan ERefill 2011 ini relatif cepat, namun yang membikin waktu lama adalah proses pengecekan yang melibatkan berbagai pihak dan berbagai parameter pengukuran untuk menghasilkan hal yang dahsyat, program yang cermat, terarah dan akurat dalam perhitungan. Tapi kita lompati bagian ini, langsung saja akan saya utarakan perbedaan di ERefill kita seri terbaru ini. Yang jelas, ERefill 2011 bukan sekedar facelift saja, namun dalaman program juga berubah. Apa saja perbedaanya?

Facelift, tentu saja. Selain untuk memperlihatkan bahwa ERefill 2011 merupakan produk yang berbeda, juga untuk menghilangkan kebosanan karena sejak tahun 2007 hanya melihat layar warna biru melulu.

Alur Transaksi Baru
Ini yang paling mendasar pada versi baru, perbedaan ini lah yang membuat data transaksi versi lama (erefill 2007) tidak dapat digunakan kembali. Pada model baru ini, proses transaksi sebelum SMS ke proses pada tiap-tiap modul, deposit reseller akan dipotong terlebih dahulu, begitu juga yang model stok, stok akan dikurangi terlebih dahulu, namun posisi transaksi seperti dulu, hasil transaksi didasarkan pada sukses atau gagalnya di operator. Hal ini jelas akan lebih aman, apalagi yang jumlah transaksi hariannya sudah ribuan atau puluhan ribu. Dengan metode ini, ternyata menghasilkan penghematan query proses data dan menghasilkan proses yang lebih cepat, karena pada saat hasil transaksi sesungguhnya dari operator, system hanya akan membuat tanda berhasil atau tanda gagal dan mengembalikan deposit sesuai dengan harga produk tersebut. Secara perhitungan, terjadi penghematan proses data sebanyak 10%, jadi kecepatan menjadi sekitar 10 kali lebih cepat dari ERefill 2007.

Catatan transaksi juga akhirnya menjadi semakin jelas, laba rugi mempunyai nilai real atau sesungguhnya, dihitung benar-benar dari harga jual per reseller / anggota hasil transaksi tersebut. Urutan transaksi, terjadinya pemotongan deposit yang sesuai, dapat Anda lihat langsung, jadi adanya kejadian yang tidak diinginkan atau di luar jalur bisa diketahui dengan segera.

Konsekuensinya adalah, jika Anda update dari versi 2 ke versi 3 ini, maka data transaksi versi lama tidak dapat digunakan kembali, jadi saat Anda membuka data transaksi di ERefill 2011, Anda akan melihat bahwa data tersebut akan kosong. Sebenarnya bukan dihapus oleh system, namun pada saat Anda menjalankan program untuk yang pertama kali, erefill akan membuat database baru dengan nama erefill2011 sebagai data acuan yang masih kosong. Untuk mengambil data transaksi lama, Anda harus melakukan proses migrasi melalui menu yg telah disediakan di erefill 2011 ini. Setelah proses migrasi selesai, kedepannya database yang akan dipakai adalah database baru yaitu erefill2011 tersebut.

Migrasi data ini hanya sekali saja dilakukan, namun jika seumpama tidak sengaja melakukan migrasi yang keduakalinya, system akan menolak dan memberikan peringatan. Proses migrasi data ini dapat Anda buka melalui menu: Setting ERefill - Migrasi Data.
 
Perlu diperhatikan bahwa selain tabel transaksi, tabel yang lain masih bisa digunakan setelah proses migrasi, jadi data reseller, hp reseller dan yang lainnya masih digunakan dan dapat langsung berjalan tanpa menunggu proses yang memakan waktu lama.

Daftar Produk Fix
Satu lagi fiture penyempurnaan dari versi sebelumnya, untuk versi sekarang, setiap kelompok, baik kelompok MLM, Paket Harga, MGM (kelompok baru) mempunyai daftar produk beserta harga yang kemungkinan berbeda-beda, dan mulai versi ini, masing-masing dari anggota kelompok tersebut tidak akan bisa bertransaksi selain dari daftar produk yang tersedia dalam kelompoknya masing-masing. Ini akan berguna untuk membuat harga H2H yang berbeda-beda dan tidak akan bisa seorang member H2H mengambil kodeproduk yg berbeda karena harga yang murah. Dalam daftar produk ini, kode produk tidak harus berbeda, bisa sama, yang membedakan adalah harganya saja. jadi lebih simpel tanpa harus membuat kode produk khusus yang berbeda untuk H2H atau kode produk untuk umum.

Anda akan melihat nanti bahwa disetiap halaman kelompok-kelompok MGM, Paket Harga, dan MLM akan mempunyai daftar produk sendiri-sendiri. Dalam daftar produk tersebut, Anda bisa setting harga yang lebih murah atau lebih mahal dari harga patokan di data produk, ini bisa diaplikasikan untuk reseller dengan keistimewaan tertentu, mau harga yang murah atau super mahal bisa saja, dan karena menggunakan kode produk sama, tidak akan bisa mencuri kode produk yang harganya lebih murah dari harga member Anda tersebut. Bahkan jika ada kode produk yang berbeda pun, tetap tidak akan bisa menggunakan kodeproduk tersebut, selain kode produk yang sudah ada dalam daftar mereka.

Model Kelompok Baru
Ini mungkin sebagian dari Anda menunggu fitur ini, merupakan gabungan kelompok MLM dan Paket Harga. Kelompok ini mempunyai batasan level ke bawah bebas, persis seperti MLM, batasan level menyamping juga tidak dibatasi. Jika di Paket Harga hanya mengenal Master, Dealer dan Agen, makan kelompok ini, kami namakan MGM, tidak ada istilah itu, ya karena level ke bawah bebas. Dan yang penting lagi, harga dalam kelompok ini juga bisa dimainkan alias bisa dirubah sesuai keinginan upline. Harga bisa dibuat berbeda untuk tiap downline. Jadi lebih flexible. Jika di Paket Harga, harga hanya bisa dirubah per produk, maka di kelompok ini, harga bisa dibuat berbeda tiap downline, tergantung keinginan Upline.

Perintah-perintah untuk mengelola model kelompok ini sama dengan perintah umum lainnya, meliputi pendaftaran downline, markup harga downline, info downline, mengaktifkan dan menonaktifkan downline, transfer deposit ke downline, cek rebat, rekap dan posting rebat melalui SMS. Ingat, bahwa MGM ini yang berbeda adalah harga jual produk untuk tiap downline, bukan harga jual per produk, tp harga jual keseluruhan produk yang ada dalam kelompok tersebut.
Sebagai tambahan, parameter perintah <tujuan> dapat diisi dengan kode reseller tujuan/downline atau ho hp downline. System akan mendeteksi secara otomatis apakah member memasukkan no hp atau kode reseller.

Kelompok Paket Harga Baru
Kelompok Paket Harga dioptimalkan lagi, jika Anda masih menggunakan transaksi model ini. System lebih stabil, baik dalam transaksi kelompok maupun dalam managemen kelompok (rubah tambah paket harga). Penyimpanan dan perubahan data jauh lebih stabil.

MLM dengan Mesin BaruMLM sebanrnya masih sama dengan di versi 2007, namun di versi ini, pemrosesan di efisiensikan lagi dan hasil efisiensi ini membuat proses MLM lebih cepat berkali-kali dari kemarin, dan yang jelas menjadikan penghematan dari source momori komputer Anda. Pemrosesan MLM langsung saat itu juga, jadi tidak ada kasus pemrosesan transaksi di awal bulan yang tertunda sampai 2 hari.

Transaksi Tanpa KodeprodukSebenarnya ini hanya tambahan kecil, namun kami telah siapkan, jadi bisa digunakan berdampingan dengan format transaksi biasanya. Transaksi tanpa kode ini akan mengambil prefik awalan sebagai penentu produk apa yang akan diambil. Kemudian masalah harga bagaimana, akan ikut kemanakah harga produk tersebut? Nah, tenang saja, harga dan produk yang akan diambil otomatis juga akan mengikuti produk dan harga untuk tiap kelompok (bagi anggota kelompok), untuk reseller umum sudah jelas akan mengambil produk dan harga umum juga.

Pengulangan Transaksi dalam 1 Hari

Pada erefill 2007, transaksi 2 kali dengan tujuan dan nominal yg sama dalam sehari tidak diperbolehkan, sebenarnya begitu juga di ERefil 2011 ini, namun untuk kasus-kasus tertentu diperbolehkan, misalkan ada pembeli yang dalam sehari harus ngisi berulangkali di konter yang sama sebelah masak harus kita usir, "oey, ente tadi dah ngisi di sini ya, ndak bisa dua kali bos, sana gih ke konter sebelah!". Nah, di versi ini ada format transaksi multiply, yaitu dengan memberi tanda #n di akhir sms format transaksi. Contoh: M10.08157905042.1234#2
Batasan Transaksi 24Jam
Jika pada versi terdahulu pengecekan batasan transaksi diberlakukan dari jam 00.00-23.59 yang tentu saja akan menjadi kendala jika transaksi dilakukan pada jam tengah malam tersebut, nah oleh itu, utk versi 2011 ini, batasan transaksi dihitung bener-bener real 24 jam ke belakang dari terakhir user bertransaksi.


Terminal Overdue



Ini bukan fiture penting sebenarnya, cuman tambahan. Fiture ini berfungsi sebagai warning system jika chip yang dipasang diterminal pada tiap modul akan expired. Jika diset aktif, selain memberikan peringatan, system juga akan mengisi pulsa yang besarnya sesuai dengan setingan di masing-masing terminal ini.

Tiket Deposit BCA - Mandiri - BNI
Tiket deposit dilengkapi sampai dengan 3 bank, mesin dirombak ulang sehinggal lebih aman, jadi seumpama ada tiket deposit yang sama (hampir tidak terjadi), maka tetap tidak akan bisa masuk ke deposit reseller. Hal ini membuat parameter <berita> menjadi bisa dihilangkan, walaupun tidak disarankan Proses pengecekan bisa menggunakan cara lama, yaitu akan dicek setelah ada komfirmasi SMS atau dibuat otomatis akan mengecek tiket deposit jika ada pemesanan baru. Tiket deposit akan hangus sendiri dalam waktu 1 jam atau berapa jam sesuai setingan Anda, jika tidak ditemukan oleh system.


IRC Server - Client


Bagi Anda yang ingin mengelola server H2H sendiri, Anda bisa membangun server IRC untuk digunakan dalam transaksi H2H. Jika kesulitan membangun, Anda bisa menggunakan server IRC yang sudah tersedia di luar sebagai jembatan transaksi Anda. Data yang digunakan dalam transaksi melalui IRC ini telah di encrypt system, jadi dari segi keamanan sniffing, data tidak akan terbaca oleh orang lain. Untuk masalah keamanan lain di IRC ini, silakan Anda pelajari.

Quick Maintenance

Jika komputer mati mendadak atau erefill dimatikan secara paksa, maka jika erefill dihidupkan kembali, system akan melalukan pengecekan data secara otomatis dan berusaha untuk membuat database selalu dalam keadaan optimal. Dengan fiture ini, kemungkinan kerusakan yang timbul akibat kematian komputer mendadak, bisa diredam untuk tidak membuat rusak data tanpa kita ketahui.

Penyederhanaan Format SMS
Seperti tertulis di atas, bahwa dengan adanya kelompok baru, maka secara teori juga bertambah perintah baru. Tapi tunggu dulu, jawabannya tidak. Karena untuk sekarang ini, 1 format perintah sms dipakai bisa untuk Paket Harga, MLM, ataupun MGM. Format perintah tersebut akan mendeteksi otomatis berdasarkan keanggotaan reseller bersangkutan. Misalkan format registrasi downline, jika reseller merupakan anggota Paket Harga, maka akan mendaftarkan reseller sebagai downline dia di paket harga dia juga. Begitu juga untuk MGM dan MLM, otomatis akan terdaftar pada kelompok masing-masing. Selain format registrasi downline, perintah yang sama adalah perintah tambah deposit, posting rebat, cek rebat, aktif/non aktif downline, info downline, dan lainnya.

GTalk Center

Modul satu ini muncul karena permintaan beberapa pihak untuk menggunakan GTalk sebagai jalur alternatif transaksi selain YM jika terjadi gangguan. GTalk Center bekerja seperti Global Server, yaitu untuk menerima permintaan transaksi dari pelanggan Anda dengan protokol GTalk. Cara penggunaannya pun sama dengan penggunakan Global Server, Anda cukup memasukkan username dan password GTalk Anda di setting Terminal GTalk Center. GTalk dibuat khusus untuk transaksi, oleh sebab itu kestabilan koneksi ke server GTalk maupun koneksi di dalam erefill pun dibuat stabil dan mempunyai fungsi autokonek jika jaringan internet bermasalah. Program ini sangat kecil dan ringan, peraturan tidak seketat YM, jadi kemungkinan untuk transaksi tidak akan menjadi masalah.

GTalk Client


Ini merupakan kebalikan dari fungsi GTalk Center, GTalk Client bekerja mirip dengan MMC-Bridge, yaitu untuk request transaksi ke penyedia pulsa melalui protokol GTalk. Namun satu kelebihan dari GTalk Client ini adalah, bahwa satu ID GTalk dapat digunakan untuk request ke beberapa server, masih menggunakan satu terminal yang sama. Untuk MMC-Bridge, satu modul hanya khusus untuk satu tujuan penyedia pulsa, nah untuk GTalk Client, satu terminal GTalk Client bisa dipakai untuk beberapa penyedia pulsa. Pengaturan tujuan server penyedia ini juga suangat mudah, kedepan akan dijelaskan yang lebih rinci lagi.

Modul GTalk tersebut di atas adalah module baru yang berbeda dengan modul yang lainnya, modul ini menggunakan teknologi NET, oleh sebab itu, Anda harus menginstall MySQL NET Connector 5.2.5 sebelum bisa memakainya, untuk file installer, telah kami sediakan di halaman download & support. Ke depan, semua modul dan program utama erefill akan dibangun dengan teknologi NET untuk mengimbangi kemajuan teknologi pemograman yang semakin maju ini.

1 komentar:

  1. pa gimana ya erefil saya kok ga bisa buat parsing di GSM SMS MODULE padahal setengan sumua benar